Home » » Hijrah Ke Dunia VUCA

Hijrah Ke Dunia VUCA

Written By http://www.sditjtm-thariq.com/ on Saturday, 12 October 2019 | 08:00


Hijrah Ke Dunia VUCA



Selamat Tahun Baru 1 Muharrom 1441 H, pada seluruh bapak ibu guru yang memperingati tahun baru hijriyah, semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita semua. Menjadi seorang guru sangatlah mulia karena memiliki tugas mendidik anak-anak bangsa menjadi generasi terbaik pada zamannya. Peringatan 1 Muharrom dimaksudkan untuk mengambil spirit hijrahnya Nabi Muhammad SAW, yang berhasil melakukan lompatan besar dalam tata kelola kehidupan baru umat manusia dengan modal iman dan taqwa. Iman dan taqwa telah berhasil diubah menjadi energi dan kinerja extra ordinary.
Pada era revolusi industri 4.0 dan datangnya dunia VUCA, untuk mengejawantahkan keimanan dan ketaqwaan menjadi kekuatan yang dapat menggerakkan kemajuan pendidikan, tentu dibutuhkan strategi yang berbeda. Superteam guru dan kepala sekolah, kreativitas, inovasi, dan sistem manajemen modern, merupakan faktor utama yang dapat menghasilkan lompatan besar melampaui situasi VUCA yang terjadi saat ini. Superteam yang aktif mengembangkan budaya berimajinasi tentang masa depan Indonesia, kemajuan dunia, posisioning serta kualitas sekolah yang akan diraih pada masa mendatang akan menghasilkan jurang kualitas.
Kesenjangan dan jurang yang ekstrim, dapat dipandang sebagai tantangan yang ekstrim dalam melakukan perubahan. Disinilah dibutuhkan skill untuk mengubah energi iman dan taqwa menjadi kekuatan extra ordinary dalam bentuk kinerja yang nyata, terencana, terukur, dan tersistem sehingga tantangan tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Langkah ini akan menghasilkan kualitas dan diferensiasi distinktif serta daya saing yang tinggi, sehingga sekolah yang dikelola selalu diminati oleh masyarakat luas. Inilah jalan sekolah menuju hijrah yang sukses ke dunia VUCA: Volatility (bergejolak), Uncertainty (tidak menentu), Complexity (kompleks), dan Ambiguity (ambigu).


Mohammad Zahri
Ketua Umum JSIT Indonesia

sumber : https://jsit-indonesia.com/hijrah-ke-dunia-vuca/
Share this article :
 
Support : www.thariq.com | reDesign by : adi-tbz
Copyright © 2014. SDIT Thariq Bin Ziyad - Jatimulya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger