Kurikulum

Kegiatan yang dilakukan di SDIT Thariq Bin Ziyad menggunakan kurikulum terpadu (Integrated Cuririculum) antara Diknas dan Diniyah dengan pengembangan diantaranya:

  • Konsep Pendidikan Islam terpadu, progaram ini memadukan antara konsep pendidikan Nasional dan Konsep pendidikan Islam baik dari metodologi maupun sistem pengajaran
  • ·         Thariq Bin Ziyad sebagai sekolah Pilot Project penerapan Kurikulum 2013 atau Sekolah Dasar Rintisan Pertama (SDRP K13). Kurikulum 2013merupakan kurikulum yang diharapkan dapat menghasilkan insan Indonesia yang memiliki produk kreatif, inovatif dan efektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), ketrampilan (tahu bagaimana) dan pengetahuan(tahu apa) yang terintegrasi dalam pembelajaran. Kurikulum 2013 mengedepankan kegiatan pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik dengan pendekatan saintifik dan pendekatan tematik terpadu.
  • Muatan Lokal, mengembangkan kemampuan berbahasa asing dan pengenalan teknologi dasar serta pengenalan tekonologi informasi.
  • Tahsin Qur’an, Program ini mengantarkan siswa menuju penguasaan membaca Al-Quran dengan baik dan Benar.
  • Tahfidz Qur’an, program ini merupakan program menghapal Al-Qur’an yang secara berkala dilakukan proses pengujian setiap juz dan yang lulus akan mendapatkan sertifikasi sehingga kemampuan hapalan Qur’an dari masing-masing siswa dapat terukur.
  • Full Day School, Program ini bertujuan untuk mengkondisikan kegiatan keseharian siswa dengan lingkungan sekitarnya, baik kemampuan akademis maupun akhlaq keseharian siswa dalam berinteraksi dengan sesama maupun dengan lingkkungan sekitarnya.

Selain mendapatkan pelajaran bidang kurikuler siswa mendapatkan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk siswa mengembangkan diri kearah terwujudnya siswa yang berakhlak Islami, Cerdas, Kreatif, Mandiri, dan mempunyai kepekaan sosial diantaranya:

  • Program Pengembangan Diri (Life Skill), program ini bertujuan untuk mengelola, mengembangkan serta memberdayakan kemampuan diri siswa melalui kegiatan, TSC (Thariq Student Camp), TSSC (Thariq Student Super Camp), TJOT (Thariq Junior Outbond),serta visit education yang dilakukan secara berkala sesuai jenjang levelnya. Selain itu untuk pengembangan emosional dan spiritual siswa dilakukan kegiatan pembinaan melalui MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) serta pembentukan Halaqoh Tarbawiyah.

  • Program Ekstrakurikuler lainnya, diantaranya Kepanduan, Beladiri Karate, Melukis, Kaligrafi, Games Skill, Wartawan Kecil, Da'i Kecil, Dokter Kecil, Futsal, Seni Islami (Nasyid, Drama, Puisi) dan lainnya.
 
Support : www.thariq.com | reDesign by : adi-tbz
Copyright © 2014. SDIT Thariq Bin Ziyad - Jatimulya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger